Jambu Air Dalhari




Harga bibit pohon :  jmb air Dalhari  @ 40 rb (okulasi) - @ 65 rb (sambung susu)

Referensi :
Sejarah penamaan dan asal muasal jambu ini cukup menarik. Berawal dari kisah cinta seorang pemuda Dusun Candibang dengan seorang gadis Solo, benih jambu (yang kemudian diberi nama jambu air Dalhari) diambil dari sebuah kebun di Solo. Kemudian pemuda Dusun Candibang itu membawa benih jambu tersebut ke Dusun Candibang dan ditanam di tempat tersebut.

Pada suatu hari di tahun 1983, Bapak Dalhari –yang kebetulan merupakan kerabat dari pemuda Candibang dan pelestari lingkungan setempat– tertarik untuk membudidayakan jambu di sekitar tempat tinggalnya di Dusun Krasaan, Desa Jogotirto. Kemudian Bapak Dalhari mencangkokkan pohon jambu yang ditanam di Dusun Candibang ke pekarangan rumahnya. Bapak Dalhari mengajak warga Dusun Krasaan untuk menanam dan membudidayakan jambu tersebut pada awalnya untuk alasan pelestarian lingkungan. Menariknya kemudian jambu ini dibudidayakan secara luas oleh warga Krasaan dan sekitarnya, sehingga daerah tersebut menjadi identik sebagai daerah penghasil jambu yang enak.
Pada tahun 2004, nama jambu air yang dibudidayakan oleh Bapak Dalhari dipatenkan dengan nama Jambu Air Dalhari sekaligus menjadi buah unggulan Kabupaten Sleman yang ditetapkan oleh Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sleman. 


 http://jambuairdalhari.blogspot.com/2012/08/sejarah-dan-asal-usul-jambu-air-dalhari.html