Jeruk Jerpaya ak Jeruk Sukade



Harga bibit pohon : Jerpaya  @ 40 rb

Referensi : Buah jeruk Sukade yang memiliki bentuk buah seperti pepaya ini dalam istilah kuliner lebih populer dikenal dengan nama jeruk sukade.
Jeruk Sukade memiliki kulit buah tebal sehingga kerap dimanfaatkan sebagai manisan sukade sejak  jaman Belanda ada di Indonesia. Jeruk Sukade atau kadang disebut dengan jerpaya, juga sering dipakai untuk campuran dalam pembuatan kue karena rasa buahnya yang masam seperti jeruk sitrun.
Beberapa varietas  jerpaya memiliki rasa manis dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sebagai sumber vitamin C dan anti oksidan
Ukurannya buah jeruk Sukade sangat besar, dapat mencapai panjang 25 cm dengan diameter 10 cm. Keunikan inilah yang banyak menggoda penggemar tanaman untuk mengkoleksi tanaman buah jeruk yang memiliki kulit jeruk berwarna hijau segar dengan tekstur kulit berkerut setebal kulit jeruk Bali.
Manisan kulit jeruk atau Sukade dibuat dengan memasak kulit buah dengan gula kemudian dikeringkan dan dipotong-potong kecil. Manisan Sukade memiliki warna kuning atau hijau tembus pandang, rasanya mirip jeruk tetapi terasa agak sedikit pahit. Sukade banyak digunakan dalam berbagai kue dan pastry, oliebollen, dan roti kismis (krentenbrood).
Sukade atau manisan adalah buah-buahan yang direndam dalam air gula selama beberapa waktu. Membuat buah-buahan menjadi manisan adalah salah satu cara untuk mengawetkan bahan makanan dan hal ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Jenis manisan ada 3 macam yaitu, manisan kering, manisan basah, dan manisan basah berkuah.
 http://aneka-buah-buahan.blogspot.com/2011/05/jeruk.html