Putsa ak Apel India





Harga bibit pohon :  putsa ak apel india     60 rb   ( okulasi )

Referensi : Putsa (Ziziphus zizyphus) disebut apel India, berasal dari India, bentuknya menyerupai buah tomat muda, berwarna kehijauan, daging buahnya yang putih dengan tekstur yang halus, bentuknya lebih kecil dari apel keanyakan, diameter buahnya hanya 5 cm, tak ada lekuan di bagian pangkal tangkai buah seperti apel kebanyakan. Rasa putsa cenderung didominasi rasa manis, tidak seperti apel (Malus domistica) yang rasanya sedikit bercampur masam.

India beriklim tropis seperti juga Indonesia, sehingga tanaman putsa bisa tumbuh di Indonesia bahkan di dataran rendah. Putsa memerlukan intensitas cahaya yang tinggi dan juga harus diimbangi dengan kebutuhan air yang sesuai, media tanam dengan kondisi tidak terlalu kering ataupun basah. Penyiraman dilakukan setiap hari pada musim kemarau.

Media tanam yang baik adalah campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2:3, sehingga media tanam menjadi forus dan subur.

Kelebihan putsa dibanding apel ada pada frekuensinya dalam berbuah. Jenis ini rajin berbuah tidak mengenal musim untuk berbuah. Selain itu bisa dibudidayakan dalam pot.


  www.trubus-online.co.id