Jeruk Sweet Orange ak Jeruk Baby



Harga Bibit Pohon : Jeruk Sweet Orange @ 40 rb

Referensi : Jeruk baby pacitan, berkulit hijau dengan sedikit semburat kuning. Penampilannya sangat tidak menarik dibanding dengan baby impor dari California, AS. Tetapi jeruk baby pacitan sudah punya pasar tersendiri di kalangan ibu-ibu rumahtangga di kota-kota besar di Jawa. Disebut baby karena air perasan jeruk ini memang biasa diberikan kepada bayi. Air perasan jeruk baby, relatif bersih dari serpihan segmen serat dan daging buah. Beda dengan jeruk siam atau jeruk keprok. Selain itu jeruk baby juga tidak terlalu masam hingga tidak mengganggu perut bayi yang masih lemah. Itulah yang menyebabkan jeruk ini dipilih oleh para ibu, untuk disuapkan kepada bayi mereka.

Jeruk baby sebenarnya adalah jeruk manis (orange, sweet orange). Jeruk manis, dibedakan dari jeruk keprok, mandarin, tangerin karena secara fisik memang beda, cara mengkonsumsinya juga beda. Jeruk keprok dikonsumsi dengan dikupas kulitnya lalu dimakan biasa. Sebab kulut buah dan segmen buah, dipisahkan oleh lapisan lunak, hingga memungkinkan kulit dengan mudah dikupas. Kulit jeruk manis boleh dikatakan menyatu dengan segmen buah, hingga apabila dikupas maka segmen buah akan masih dilapisi oleh bagian dari kulit buah yang berwarna putih. Selain itu, segmen jeruk keprok mudah dipisah-pisahkan satu sama lain. Segmen jeruk manis menyatu satu sama lain hingga sulit untuk dipisah-pisahkan.

Karena karakter buahnya ini cara mengkonsumsi jeruk manis dengan dilakukan dengan dipotong-potong kemudian diperas airnya. Bisa langsung diperas di mulut dan disedot airnya, bisa pula diperas di gelas baru kemudian air perasannya diminum.


http://foragri.blogsome.com/jeruk-manis-baby-orange-dan-sunkist/