Blackberry




Harga Bibit Pohon : Blackberry                           100 rb  ( tergantung stok )

Referensi : SEBAGIAN besar masyarakat mungkin masih asing dengan dua jenis berry ini, blackberry dan raspberry. Ya, blackberry dan raspberry belum sepopuler stroberi yang telah banyak ditanam di daerah Jawa Barat ini. Lembang, Ciwidey, dan Cipanas menjadi pilihan bagi penggemar buah ini. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada jenis berry lainnya yang lebih kecil dari segi ukuran tetapi mudah ditanam, lebih mahal harganya dan lebih besar manfaatnya? Itulah blackberry dan raspberry. Kedua jenis tanaman ini sering disebut sebagai brambles.
Blackberry merupakan tanaman yang berasal dari Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Selatan. Tanaman ini telah digunakan di Eropa sejak 2.000 tahun yang lalu untuk makanan, obat dan sebagai tanaman pagar. Di Amerika Serikat jenis Rubus allegheniensis, Rubus argustus, Rubus cuneifolius, dan Rubus canadensis memegang peranan penting dalam pengembangan varietas blackberry.
Di Eropa Rubus lacanitus merupakan jenis blackberry pertama yang dibudidayakan, sedangkan raspberry untuk pertama kalinya ditemukan di Gunung Caucasus di Kepulauan Asia kecil. Pada saat itu, suku Troy mulai membudidayakannya. Diperkirakan orang-orang Romawi yang menyebarkan tanaman ini ke seluruh Eropa. Di abad pertengahan, raspberry di Inggris mulai populer dan mengekspor buah ini ke New York pada tahun 1771.
Brambles merupakan istilah lain untuk tanaman yang berduri dari genus Rubus. Genus ini terdiri dari berbagai macam spesies dan varietas. Rubus merupakan anggota dari famili Rosaceae yang sangat dekat kekerabatannya dengan stroberi, termasuk subfamili yang sama, Rosoidae. Rubus merupakan salah satu genus tanaman berbunga yang sangat beragam, memiliki 12 subgenus dengan beratus-ratus jenis.
Berbagai jenis brambles dapat berdiri tegak, semitegak, dan merambat dengan bantuan tiang penyangga hingga ketinggian 1,5 meter. Membentuk tunas secara bertahap, tunas tersebut muncul dari dalam tanah yang sering disebut cane. Tanaman ini tetap hijau sepanjang tahun (perennial), tersusun dari tunas yang berbuah satu kali dalam dua tahun. Waktu pembentukan buah dalam satu tunas berbeda dengan tunas lainnya, sehingga dapat terjadi overlap. Keadaan ini memungkinkan para petani untuk memproduksi brambles secara kontinu.