Abiu Ak Sawo Australia




  
harga bibit pohon    Abiu ak sawo australia: 35 rb max 50 cm dan 70 rb up 50 cm

Referensi :Walaupun Abiu dikenali berasal dari daerah sekitar Amazon, dataran rendah Peru dan Brazil (Amerika Selatan), banyak penggemar tabulampot di Indonesia  lebih mengenali buah ini dengan sebutan Sawo Australia, mungkin karena tanaman ini banyak dibudidayakan di Australia tepatnya di North Queensland.
Buah Abiu berbentuk oval hingga bulat berukuran panjang 6-12 cm memiliki bobot cukup besar seukuran mangga 300-700 g dengan ujung buah bulat licin hingga bercuping yang mulai dihasilkan oleh tanaman yang berusia 2 tahun sejak tanam di lapang/pot. Panen buah Abiu dapat dilakukan setelah 3 bulan dari bunga muncul.
Tanaman Abiu memiliki banyak kesamaan dengan sawo durian (Chrysophyllum cainito), seperti halnya kerabat sawo-sawoan, pohon Abiu  mampu mencapai tinggi 15 meter dengan kayu pohon yang padat, keras, dan berat.
Perbedaannya pohonnya dengan sawo durian adalah pohon Abiu membentuk tajuk seperti piramid sedangkan sawo duren membentuk tajuk membulat. Warna buah Abiu juga kuning menarik, sedangkan sawo duren hijau bergetah jadi kelihatan suram. Bentuk tajuk pohon Abiu yang mirip tajuk pohohn cemara ini menjadikan pohon Abiu sangat Indah untuk dijadikan tabulampot, terlebih lagi warna kulit yang sangat cerah dan menarik dari buah Abiu akan terlihat lebih cantik bergantungan di tabulampot jika dibandingkan dengan kerabat sawo lainnya.
http://aneka-buah-buahan.blogspot.com/2011/05/sawo.html 
http://en.wikipedia.org/wiki/Pouteria_caimito