Jambu Air Mekarsari



 Harga bibit pohon : Jmb air mekar sari @ 40 rb. ( Okulasi )

Referensi :Spektakuler! Itu kata yang tepat untuk menyebut penampilan sepot "tabulampot jambu air" di Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Sekitar 50 buah berukuran lebih besar daripada telur bebek menggerombol di batang utama. Lazimnya buah Syzygium samarangense itu muncul di ujung tajuk.
Ini memang keistimewaan mekarsari,’ tutur Ir AF Margianasari, kepala Produksi Buah TWM.  yang bibitnya diperoleh dari Bogor itu buahnya 80% muncul di batang. Sisanya di ranting dan ujung cabang. Jambu air lain justru sebaliknya, mayoritas buah-hampir 75-80%-keluar di ranting dan ujung cabang.
Sifat berbuah di batang pada jambu air mekarsari menguntungkan. Berdasar pengamatan TWM ukuran buah di batang 2 kali lebih besar ketimbang yang di ranting atau ujung cabang. Bobot buah di batang mencapai 80-90 g per buah. Lagi pula rasanya lebih manis karena pasokan nutrisi yang nantinya diubah menjadi zat gula lebih besar ketimbang di cabang atau ranting. Dipadu warna buah yang hijau dengan semburat merah di pantat, . Buah berbentuk lonceng berkumpul di batang utama, batang sekunder, maupun tersier. Mirip seperti penampilan tabulampot belimbing yang diatur berbuah di batang. ‘Supaya buah lebih terekspos, pangkas daun yang menghalangi buah


http://tabulampot-ok.blogspot.com/2010/03/tabulampot-jambu-air-mempesona.html